Minggu, 30 Desember 2018

Tips Membaca dan Memahami Al-Qur’an Bagi Calon Pemimpin

Seseorang yang menolak sesuatu itu bertanda kalau dia tidak mampu melakukan hal tersebut. Jadi ketika ada yang mengatakan bahwa sebaiknya seorang calon pemimpin yang beragama Islam tidak mampu membaca al-Qur'an dengan benar dan menolaknya dengan serta merta karena beralasan tidak ada aturan yang mewajibkan hal tersebut, maka calon pemimpin tersebut belum siap untuk menjadi seorang pemimpin. Memang benar bahwa tidak ada aturan bagi pemimpin yang hendak memimpin mayoritas Muslim tidak pandai dalam membaca al-Qur'an, untuk itu patut kita tanyakan sejauh mana pemahaman agama calon pemimpin tersebut. Karena kemampuan membaca al-Qur'an merupakan tahap paling awal dalam memahami isi al-Qur'an.

Tentu saja pintar membaca al-Qur'an belum tentu menjamin dia memiliki kemampuan memimpin yang lain. Seorang pemimpin yang baik mampu membaca al-Qur'an  dan memahami agama Islam dengan baik serta memiliki kemampuan memimpin yang baik. Itu yang kita inginkan. Jadi bagi anda yang mengkhawatirkan masalah akhirat juga, maka bisa anda tambahkan kriteria kemampuan baca al-Qur'an bagi seorang calon pemimpin. Inilah salah satu pembahasan kabar terkini mengenai berita pilpres kali ini.

Ada beberapa tahapan agar mampu untuk memahami dan mampu berinteraksi dengan Al-Quran.

  1. Memperhatikan adab tilawah.
  2. Membaca per surat, per juz, atau per ruku’ dengan pelan- pelan, khusyu’, tadabbur dan penuh penghayatan. Tidak perlu mementingkan target dalam satu hari harus selesai satu surat, satu juz atau beberapa lembar.
  3. Memperhatikan sekaligus merenungi ayat per ayat, diperdalam untuk mendapatkan arti yang terkandung dalam ayat tersebut, dengan cara dibaca dengan penuh perasaan dan penghayatan, mendengarkan dari bacaan orang lain atau kaset dan dilakukan berulang¬-ulang sampai mendapat arti yang terkandung dalam ayat tersebut.
  4. Mempelajari ayat tersebut secara rinci, mulai dari susunan kata, konteks kalimat, arti yang terkandung, sebab turunnya (asbabun nuzul) i’rab  sampai betul-betul memahami seluk-beluk ayat tersebut dan berbagai sudut pandang.
  5. Memahami korelasi ayat dengan kondisi atau fakta yang terjadi sekarang.
  6. Merujuk kepada yang dipahami oleh para salafus shalih terutama pemahaman para sahabat. Hal ini dikarenakan mereka lebih ahli dibanding Profesor Al-Quran terpintar saat ini, karena mereka mendapat petunjuk langsung dari Rasulullah . Oleh sebab itu, dari aspek kesopanan dan aspek ilmiah, kita harus lebih mendahulukan pemahaman para shahabat. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar Al-Quran tidak difahami sesuai dengan hawa nafsu kita.
  7. Mempelajari pendapat para ahli tafsir yang dinilai memiliki bobot ilmiah.

Tips Memahami Al-Qur'an

  1. Berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dalam memahami Al-Qur'an.
  2. Niatkan dalam hati memahami Al-Qur'an untuk pedoman hidup bukan untuk kepentingan lain.
  3. Baca Al-Qur'an yang memiliki terjemahan karena hal itu dapat mempercepat pemahaman kita terhadap Al-Qur'an.
  4. Pahamilah makna tiap paragraf dalam Al-Qur'an bukan tiap ayatnya.
  5. Di dalam Al-Qur'an ada beberapa ayat yang dijelaskan oleh ayat-ayat lain jadi carilah paragraf atau ayat-ayat  penjelas pada pargraf sebelumnya atau paragraf sesudahnya.
  6. Perbanyaklah membaca Tafsir Al-Qur'an.
  7. Menhubungkan Makna dalam Al-Qur'an dengan peristiwa yang terjadi saat ini.

Membaca dan Memahami Al-Qur'an memang membutuhkan proses yang lumayan lama dan tidak bisa langsung secara instan dapat dikuasai dan dipahami. Oleh sebab itu janganlah cepat puas dengan hasil yang kita dapatkan dan teruslah belajar dan belajar  karena itulah kunci yang paling penting dalam membaca dan memahami al Qur'an.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com