Minggu, 11 November 2018

Terapkan 12 Tips Ini Untuk Menentukan Nama Domain Yang Tepat

Siapapun yang baru pertama kali membeli domain pasti akan kebingungan bagaimana cara memilih nama domain yang tepat. Memilih domain memang tidak boleh sembarangan, karena nama domain bisa disamakan dengan nama perusahaan atau bisnis Anda. Tidak heran jika seseorang akan membutuhkan waktu lama untuk menentukan nama domain. Butuh banyak pertimbangan dan pemikiran untuk menentukan sebuah domain. Nantinya domain akan menjadi identitas Anda di internet sehingga Anda harus memastikan jika domain tersebut sesuai dengan bisnis Anda dan mudah untuk ditemukan maupun dipromosikan.

Ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih nama domain. Seperti di bawah ini :

1. Gunakan Nama Domain Yang Kreatif dan Brandable

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nama domain Anda merupakan identitas Anda di dunia online. Oleh karena itulah, sebisa mungkin gunakan nama yang kreatif dan brandable supaya Anda dapat melakukan branding dengan mudah. Domain Anda nantinya akan menjadi nama yang dicari, diingat dan juga disebarkan oleh customer dan pengunjung website Anda.

Lalu apa yang dimaksud dengan domain yang brandable? Maksudnya adalah domain harus unik dan menonjol dibanding competitor lainnya. Tentu nama yang unik tersebut akan diingat oleh banyak orang. Kamu juga harus mencari cara bagaimana menemukan nama yang brandable. Dengan buat kata baru. Anda bisa menciptakan kata baru yang terdengar catchy agar menarik perhatian. Google dan Yahoo merupakan dua perusahaan besar yang melakukannya.

Gunakan kata-kata menarik yang sudah ada sebelumnya. Anda bisa mencari kata-kata menarik yang mungkin jarang digunakan namun akan terdengar keren jika dijadikan sebuah brand. Gunakan generator nama domain. Di internet sendiri kini sudah banyak generator yang dapat digunakan untuk mencari nama domain hanya dengan memasukkan kata-kata yang dirasa cocok untuk nama domain Anda.

2. Pastikan Domain Mudah Diketik

Menemukan nama domain yang mudah diingat dan mudah diketik dapat membantu Anda untuk mencapai sukses di dunia online. Bila Anda menggunakan ejaan-ejaan gaul ataupun kata-kata yang punya beberapa ejaan, hanya akan membuat pengunjung sulit mengingat nama domain Anda.

3. Gunakan Domain Yang Pendek

Bila nama domain yang Anda gunakan panjang dan ribet, maka kemungkinan besar konsumen Anda tidak dapat mengingat dengan baik nama domain Anda. Bahkan bisa saja mereka salah mengeja atau salah mengetik alamat domain Anda. Hal ini tentu tidak akan terjadi saat Anda menggunakan nama domain yang pendek.

4. Gunakan KeywordYang Berhubungan Dengan Kebutuhan Website Anda

Apabila domain yang Anda pilih ini digunakan untuk website bisnis, maka cobalah untuk memasukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis atau service Anda di nama domain Anda. misalnya, saat Anda memiliki bisnis laundry, maka masukkan keyword laundry di domain. Menggunakan keyword pada domain bisa membantu SEO website bisnis milik Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini bisa membuat website Anda memiliki traffic yang baik.

5. Pikir Jangka Panjang

Meski Anda disarankan untuk menggunakan keyword pada domain Anda, namun Anda harus ingat untuk tidak memilih domain yang terlalu niche. Anda harus memikirkan rencana ke depan. Apakah Anda berencana untuk melakukan ekspansi atau tidak? Sebab, isi dari website Anda dengan domain harus berjalan beriringan.

6. Target Area Anda

Apabila bisnis Anda merupakan bisnis lokal, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan nama kota pada domain Anda. Hal ini dilakukan supaya calon customer dan customer lokal bisa dengan mudah menemukan Anda.

7. Gunakan Domain Yang Mudah Diingat

Di dunia ini, ada jutaan domain yang telah diregister sehingga sangatlah penting apabila Anda punya domain yang catchy dan mudah diingat oleh pengunjung website Anda. Untuk mengetesnya, Anda dapat bertanya pada orang lain apakah nama yang sudah Anda pilih tersebut mudah diingat? Bila iya, maka Anda dapat menggunakan domain tersebut.

8. Research

Pastikan domain Anda belum di trademark, copyright, atau mungkin digunakan oleh perusahaan lain. Apabila Anda menggunakan nama yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa terkena masalah legal. Oleh karena itulah, sangat penting untuk Anda melakukan research sebelum memutuskan nama domain. Sebelum kamu membeli domain, alangkah baiknya mengecek dulu apakah nama tersebut masih tersedia atau tidak.

9. Cek Apakah Domain Tersebut Tersedia Di Media Sosial

Sebelum kamu memilih domain tertentu, alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu di sosial media. Sebab, bisa saja ada merek dagang yang sudah terdaftar menggunakan nama tersebut. Dalam membangun sebuah brand, akan lebih baik jika Anda menggunakan nama yang sama di seluruh media sosial. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah mencari brand Anda di seluruh platform media sosial.

10. Hindari Penggunaan Angka dan Hyphens

Anda harus menghindari penggunaan angka dan hyphens. Penggunaan hyphens dapat membuat domain Anda menjadi lebih rumit. Nama domain yang rumit tentu akan menyusahkan konsumen ataupun pengunjung untuk mengingatnya. Jika sudah begini, website Anda pun akan sulitan untuk berkembang karena kebanyakan pengunjung akan malas mengetik nama website Anda di pencarian.

11. Gunakan Extension Domain Yang Tepat

Extension merupakan akhiran yang biasanya terdapat pada domain seperti .com atau .net di akhir alamat website. Hingga saat ini, extension .com merupakan extension yang paling populer dan mudah diingat. Meksi begitu, masih banyak extension lain yang kini digunakan, seperti .photography, .guru atau .id. Mungkin dengan extension tersebut Anda bisa mendapatkan domain yang pendek dan relevan dengan isi website Anda lebih mudah.

  • .co –  biasanya dipakai untuk perusahaan, komunitas, atau website komersial. 
  • .info – biasanya dipakai untuk website yang bersifat informatif. 
  • .net – biasanya dipakai untuk website yang berisi ataupun menyediakan hal-hal teknis atau infrastruktur internet. 
  • .org – biasanya dipakai untuk website non komersial 
  • .biz – biasanya dipakai untuk website bisnis atau komersial. 
  • .me – biasanya dipakai untuk personal blog.

12. Lindungi dan Bangun Brand Anda

Untuk melindungi brand Anda, lebih baik Anda membeli domain dalam beberapa extensions yang berbeda. Hal ini dilakukan supaya competitor tidak me-register ersi lain dari website Anda. tak hanya itu, dengan punya beberapa versi dari domain Anda, pengunjung website pun akan tetap terhubung ke website Anda meski salah mengetik.

Nama domain akan cepat terjual dan diambil oleh orang lain. Oleh karena itulah, Anda harus bergerak cepat saat memilih domain yang diinginkan.  Bila Anda masih bingung di mana Anda mendapatkan domain yang tepat, maka Anda bisa mengunjungi IDwebhost.com. Penyedia layanan hosting dan domain tersebut sangat dipercaya oleh pelanggannya. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat banyak sehingga sangat menguntungkan para customer. Tidak heran jika IDwebhost menjadi salah satu website penyedia layanan hosting dan domain terbaik saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com