Senin, 23 April 2018

Tips Hilangkan Alergi Terhadap Udang

Udang merupakan salah satu bahan makanan yang cukup sehat dan baik untuk tubuh. Terlebih berbagai macam kandungan baik protein ataupun lemak baiknya, terbukti memiliki manfaat yang sangat tinggi bagi tubuh. Dibandingkan dengan kandungan dari hewan lainnya seperti sapi atau kambing, tentu udang memiliki keunggulan yang lebih dominan dibanding dengan dua contoh hewan darat di atas. Namun sayangnya tidak setiap orang bisa menikmati daging jenis hewan air yang satu ini. Karena banyak orang yang menderita terhadap kandungan yang dimiliki oleh udang. Dan tentunya hal ini sangat mengganggu kondisi anda jika anda mengidap alergi udang, karena anda tidak bisa menikmati rasa enak daging kenyalnya beserta setiap zat gizi yang ada di dalam tubuhnya.

Beberapa orang memang ada yang tidak tahan terhadap daging udang. Biasanya alergi terhadap udang akan timbul akibat tidak tahannya sistem kekebalan tubuh manusia yang sensitif terhadap protein atau kandungan lain dalam tubuh udang. Sistem kekebalan tubuh manusia yang sensitif ini akan menanggapi dengan tidak tepat terhadap protein yang ada dalam udang. Sehingga akan menyebabkan beberapa kondisi yang muncul sebagai akibat atas alergi tersebut. Biasanya alergi terhadap udang akan mengakibatkan  beberapa reaksi seperti timbulnya ruam pada kulit, gatal-gatal, terasa panas, hingga bisa menyebabkan masalah pernapasan seperti asma. Jika kondisi tersebut terjadi, maka penanganan lebih lanjut tentu harus segera dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan.

Kondisi alergi terhadap udang ini juga tidak bisa diakali dengan menggunakan berbagai macam metode memasak. Meskipun terdapat beberapa perbedaan cara memasak udang, biasanya tidak akan berpengaruh pada tingkat alergi seseorang jika memang sudah sensitif. 

Jika di dalam keluarga anda terutama dari ayah atau ibu ada yang menderita alergi terhadap udang, maka akan ada kemungkinan bagi anda juga mengalami alergi terhadap udang. Alergi pada udang ini juga mungkin terjadi pada seseorang yang mengalami alergi selain alergi makanan. Selain itu faktor usia juga menjadi salah satu peningkat kemungkinan terjadinya alergi pada udang pada tubuh seseorang. Uniknya, pada anak perempuan alergi terhadap udang tidak terlalu sering ditemukan. Biasanya alergi terhadap udang akan mungkin terjadi pada anak laki-laki. Sedangkan pada laki-laki dewasa, justru alergi udang akan tidak terlalu mudah ditemui. Namun pada perempuan dewasa, sering ditemukan penderita alergi pada hewan air yang satu ini.

Bagi anda yang menderita alergi terhadap udang, anda mungkin dapat mencoba beberapa tips dibawah ini untuk mengobati atau mengurangi efek dari alergi terhadap udang tersebut.

1. Menggunakan Gel dari Tumbuhan Lidah Buaya

Jika anda terlanjur mengkonsumsi makanan yang mengndung udang, kemudian anda mengalami pembengkakan serta ruam pada kulit, anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasinya. Gel ini memiliki manfaat untuk menghilangkan gatal yang timbul akibat ruam tersebut. Selanjutnya anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat. Yang terpenting, anda tidak boleh melakukan pengompresan pada kulit yang gatal tersebut. Karena justru hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kaku dan memperparah pembengkakan.

2. Mengkonsumsi Madu

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang timbul setelah mengkonsumsi udang, maka anda bisa menggunakan madu untuk mengatasinya. Dengan mengkonsumsi madu baik secara langsung atau dengan menggunakan air hangat, akan membuat gejala-gejala yang timbul akibat konsumsi udang ini menjadi berkurang dan bahkan menghilang. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dari madu yang dapat mengurangi histamin yang masuk ke dalam tubuh serta kandungan vitamin E yang dimiliki madu juga akan menjadi penngurang rasa gatal yang timbul sebab alergi terhadap udang.

3. Meminum Jahe Hangat

Dengan menggunakan jahe hangat, anda bisa mengurangi berbagai macam reaksi yang terjadi akibat alergi terhadap udang. Kandungan yang ada di dalam jahe ternyata mampu menghilangkan efek akibat alergi karena jahe sendiri mengandung senyawa anti oksidan. Serta, dengan menggunakan air jahe yang hangat, reaksi alergi seperti mual atau skit kepala juga bisa dihilangkan karena jahe mengandung senyawa semacam minyak esensial yang mempunyai manfaat untuk mengatasi mual dan pusing.

4. Pemberian Obat Epinefrin

Golongan obat ini memang salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi reaksi akibat alergi terhadap udang. Efek dari obat ini memang bisa sangat cepat. Namun tentu saja bisa memberikan efek yang semakin parah jika tidak diberikan dengan tepat. Penderita alergi terhadap udang yang sudah terlanjur parah, ketika akan menggunakan obat ini tentu saja harus menggunakan petunjuk dari dokter.

Demikian ulasan mengenai alergi terhadap udang serta cara untuk mengatasi reaksi yang ditimbulkannya. Alergi terhadap udang memang sebenarnya dikatakan sebagai alergi yang tidak bisa disembuhkan. Namun dengan mengetahui cara mengurangi efek yang ditimbulkan, tentu akan menjadi cara yang tepat.

2 komentar:

  1. Iiih, serem juga yaa kalok sampek bentol-bentol gitu.
    Apalagi kalok sampek keluar cairan tapi masih ttep dibiarin aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, kasian yaa juga yang punya penyakit alergi...

      Hapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com