Rabu, 18 April 2018

5 Makanan Sehat Untuk Yang Berusia Lanjut

Orang tua jaman sekarang sok lupa dengan umurnya, semua makanan ingin masuk dalam perutnya. Mulai dari makanan yang pedas, kecut, atau manis sekalipun diborong. Pura-pura lupa gitu kalok udah tua, padahal orang yang sudah berusia lanjut harus mengatur pola makan dan rajin berolahraga agar tubuhnya tetap stabil dan sehat. Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran wajib dikonsumsi setiap hari agar menurunkan risiko dari berbagai komplikasi penyakit, memperhatikan asupan nutrisi seimbang juga merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan orang yang telah lanjut usia.

Pada orang yang berusia lanjut (lansia) terjadi perubahan sistem metabolisme pada tubuhnya, sehingga juga mempengaruhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seiring bertambahnya usia, jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh mengalami penurunan. Terkadang beberapa orang menjadi kehilangan nafsu makan, kesusahan untuk mengunyah atau mencerna makanan, dan sering kali males untuk bergerak boro-boro mau olahraga.

Proses penuaan juga mempengaruhi kebutuhan nutrisi yang lain. Beberapa nutrisi perlu dikurangi dan ada yang perlu ditingkatkan juga agar pemenuhan gizi dapat tercukupi. Menurut buku yang saya baca, ada penelitian tentang pola makan sehat yang dapat membantu mengurangi resiko terjadinya osteoporosis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan kanker tertentu. Berikut ulasan tentang makanan apa saja yang dibutuhkan bagi orang yang berusia lanjut:

1. Fokus Pada Asupan Gizi Seimbang

Aturan pola makan nenekku selalu dijaga, yang paling penting adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi akan membantu orang yang lanjut usia mendapatkan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, serta lemak yang mereka butuhkan.

Makanan sehat adalah yang terbaik buat nenekku, biasanya nenek makan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti bubur gandum, roti gandum, beras merah, dan beras tumbuk. Nenek juga biasa mengkonsumsi susu rendah lemak, ikan, tempe tahu yang kaya akan protein. Jika tidak nenek akan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dan menghindari makanan yang mengandung pengawet. Oleh karena itu, diusia 87 tahun nenek masih kuat untuk jalan sendiri tanpa menggunakan tongkat, bahkan nenek masih kuat melakukan rutinitasnya untuk membantu ibu dirumah. Keren kan nenekku, umur segitu masih aja kayak anak muda.

2. Mengatur Porsi makan

Dari beberapa bulan yang lalu, porsi makan untuk nenekku mulai diatur rata dalam satu harinya, sehingga nenek lebih sering makan makanan sehat tapi dengan porsi yang kecil. Bila hendak makan dengan porsi besar, maka biasanya ibu memberikan tiga kali dalam seharinya diselingi dengan porsi kecil.

Karena nenek mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan diakibatkan giginya yang ompong, makanya makanan yang diberikan harus lunak atau dicincang terlebih dulu. Kabarnya, mengajak orang yang lanjut usia makan bersama-sama dalam satu meja akan meningkatkan nafsu makan mereka loh guys.

3. Konsumsi Kalsium Secukupnya

Kalsium itu memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sayangnya, penyerapan kalsium untuk tulang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Jika kepadatan tulang mulai berkurang, maka akan terjadi seperti nenek sekarang ini yaitu lebih rentan terhadap pengeroposan tulang dan gigi. Kata dokter, kecukupan kebutuhan kalsium untuk orang yang lanjut usia seumuran nenekku dalam seharinya minimal 1.000 mg. Untuk itu nenek harus dibiasakan minum susu.

4. Perhatikan Kebutuhan Kalori

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori bagi orang yang sudah lanjut usia akan mengalami penurunan. Sedangkan kebutuhan nutrisinya tetap sama atau mengalami sedikit peningkatkan. Ini terjadi lantaran semakin tua seseorang, biasanya semakin berkurang juga aktivitas fisik yang dilakukan. Alhasil, kebutuhan kalorinya pun ikut menurun. Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang ideal bagi orang yang lanjut usia, biasanya ibu menghitung dengan Kalkulator Kebutuhan Kalori dalam tautan ini atau di bit.ly/kalkulatorBMR. Anda bisa cek jumlah kalori yang dibutuhkan nenek Anda berdasarkan jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, usia, serta aktivitas fisiknya di sana.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

Untuk memenuhi kebutuhan cairan bagi nenek, jangan hanya dihitung dari banyaknya minum air putih aja. Tetapi juga dapat menyiasati kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berkuah seperti sup atau buah dan sayuran yang banyak mengandung air. Jadi tidak hanya terfokus untuk menghindari dehidrasi, cara ini juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan lansia untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya yang rawan.

3 komentar:

  1. Wah, artikel diatas bermanfaat banget.
    Soalnya terkadang jiddahku makan sayuran terus, kadang makan yang berlemak, tergantung maunya dia tanpa diimbangi dengan gizi yang khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang terkadang orang yang berusia lanjut cenderung ngawur makannya mbak...
      Oleh karena itu kita yang tau, harus memberikan makanan yang seimbang dengan apa yang Beliau suka...

      Hapus
  2. Nenekku sampai sekarang enggak milah-milah makanan. Padahal usianya sudah 93, tapi tetap segala dimakan. Apalagi kalau makanan kesukaannya.

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com