Kamis, 07 Desember 2017

Faktor Penyebab Datangnya Stress Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pernahkah Anda merasakan kesulitan untuk berkonsentrasi, pusing yang terus menyerang, susah tidur saat malam hari, badan terlihat semakin kurus? Bisa jadi Anda sedang dilanda stress. Stres bisa menjadi musibah paling berbahaya yang mengkhawatirkan, karena ia dapat mengancam kehidupan Anda. Seseorang yang mengalami stres akan merasakan perasaan yang tidak enak, tidak nyaman, dan kondisi yang tertekan, baik itu secara fisik maupun psikis sebagai respon atau reaksi individu terhadap stressor atau stimulus yang berupa peristiwa, objek, atau orang yang mengancam, mengganggu, membebani, atau membahayakan keselamatan, kepentingan, keinginan, atau kesejahteraan hidupnya.

Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh untuk dapat melindungi diri dari bahaya, sehingga tetap membuat kita berada pada titik fokus, aktif, dan selalu waspada. Meski begitu, respon terhadap perlindungan diri memang sangat tidak mudah untuk dikendalikan oleh otak dan nantinya akan menyebabkan tekanan mental dalam jangka panjang. Setiap orang pasti memiliki masalah, dan terkadang masalah inilah yang menyebabkan mereka jadi berfikir secara berlebihan, sehingga memicu stress datang. Padahal jika masalah tersebut dapat dihadapi dengan santai, maka masalah tersebut akan terlihat lebih mudah untuk dihadapi.

Pada saat ini, stres sering terjadi disebabkan masalah sosial ataupun pekerjaan yang dianggap lumrah. Meski tidak selalu berdampak langsung terhadap kesehatan fisik, tetapi membiarkan pikiran dan tubuh tercekik stress, akan berpotensi untuk menimbulkan masalah mental secara serius dan tidak disadari. Stres tidak hanya sebagai penyebab datangnya berbagai penyakit degeneratif, tetapi juga mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir dan berperilaku bahkan menyebabkan gangguan jiwa. Berikut hal-hal yang penyebab datangnya stress jangka panjang berakibat kematian.

1. Ditinggal Oleh Anggota Keluarga dan Orang Tersayang

Hidup dengan anggota keluarga dan dikelilingi oleh orang yang paling sayang dan peduli dengan kita merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Namun ketika seseorang tidak sadar akan anugerah yang diberikan, maka dia akan tersadar ketika dia harus kehilangan orang yang paling menyayanginya dan nantinya akan cukup memberatkannya. Hal seperti ini dapat menimbulkan kondisi stress jangka panjang pada mereka yang ditinggalkan, terlebih lagi apabila mereka yang ditinggalkan sudah tidak memiliki pegangan hidup karena merasak terpukul. Stress juga akan datang pada kondisi yang terjadi karena penyebab kematian mendadak pada seseorang yang disayang, seperti kecelakaan.

2. Beban Hidup dan Tanggungan Hidup

Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu faktor penyebab sering terjadinya stress. Seseorang yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan lebih akan mengalami kekurangan dalam hal finansial. Selain dalam masalah pekerjaan, beban juga muncul pada kehidupan sehari-hari, dimana kondisi kebutuhan hidup seseorang semakin lama semakin mahal dan tinggi yang pada akhirnya membuat banyak orang merasa tidak sejahtera dan memicu stress yang disebabkan beratnya beban dan tanggungan hidup yang harus mereka penuhi.

3. Hubungan Yang Kurang Baik Dengan Orang Lain

Hubungan yang tidak harmonis juga biasa terjadi di masyarakat, hubungan yang kurang baik biasanya muncul dari sesuatu yang sudah kita kenal seperti, bisa teman, kekasih, bahkan kedua orang tua. Masalah ini bisa berarti individu ataupun kelompok dan pemicu retaknya hubungan dengan orang lain bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena perselisihan, karena di tipu dan lainnya.
Hubungan yang tidak baik dapat memicu terjadinya stres yang berkepanjangan sampai adanya perdamaian dan saling memaafkan satu sama lain. Meski telah bermaafan, bagi seseorang yang sudah mengalami beban pikiran yang hebat akibat dari pertengkaran, maka tetap akan menghasilkan stress berakibatkan depresi dan berujung pada kematian.

4. Kekecewaan Yang Sangat Mendalam

Kalau Stress Jangan Minum Obat Nyamuk Yaa... 
Stress juga bisa muncul karena adanya suatu bentuk kekecewaan yang mendalam terhadap suatu hal yang memotifasinya untuk bangkit. Kekecewaan bisa harir dari teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, dan bahkan kekecewaan terhadap diri sendiri. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor dari penyebab stress.

5. Sakit Keras

Penyakit merupakan suatu hal yang bersifat menggaggu seseorang, mungkin tidak ada seorang pun yang tahu kapan penyakit akan menyerang. Ketika seseorang mengidap suatu penyakit, apalagi penyakit yang sifatnya kronis dan parah, kemungkinan besar hal ini langsung dapat menyebabkan yang mengalaminya menjadi stress karena ingin segera sembuh dari penyakit yang sedang dideritanya.

Kadang seseorang yang baru mengalami saja sudah bisa terkena stres karena terlalu khawatir akan gelaja penyakit yang berpotensi ia derita, namun setiap orang memiliki cara dan tingkatan yang berbeda dalam menyikapi stress dan keadaan yang terjadi pada dirinya. sebenarnya stres akan sebuah penyakit akan berefek memperparah kondisi penyakit yang dideritanya.

Penyebab datangnya stress bisa bermacam-macam tergantung masalah yang dihadapi, tetapi dengan masalah yang dibuat rumit sendiri itulah yang menjadikan Anda makin cepat terkena stress. Karena itu yakinlah bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dan berdoalah bahwa Tuhan akan membantu Anda untuk mendapatkan jalan terbaik dalam meenyelesaikan masalah.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com