Jumat, 08 Desember 2017

Beragam Kuliner Mie Asli Indonesia Yang Bikin Susah Move On

Mie dapat dikatakan sebagai salah satu makanan favorit bagi semua umat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Makanan yang dipercaya berasal dari daratan China yang sudah menyebar ke seluruh dunia dengan beraneka bentuk, rasa, jenis serta bahan dasar pembuatannya yang berbeda. Saat ini mie sudah menjadi makanan kesukaan banyak orang, di berbagai daerah Indonesia terdapat banyak kuliner tradisional berbahan mie yang punya cita rasa khas masing-masing daerahnya. Pastinya, kuliner mie tersebut merupakan kuliner andalan yang wajb banget untuk dicoba.

Di Indonesia sendiri, khususnya pada era ini hampir setiap daerah mempunyai olahan mie yang unik serta memiliki rasa yang khas. Olahan-olahan mie tersebut malah sudah menjadi ikon masakan khas dari daerah-daerah pada setiap kota maupun desa. Keragaman bumbu serta rempah yang dimiliki masakan nusantara sudah menjadikan mie sebagai bahan utama yang bisa dibuat dengan cara bermacam variasi yang amat kaya.

Indonesia dengan gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke memiliki hidangan masakan yang bervariasi pada setiap daerahnya. Termasuk olahan mienya. Berikut ini berbagai olahan mie di berbagai daerah di Indonesia yang wajib kamu coba.

1. Mie Aceh Yang Menggiurkan

Mie Aceh merupakan olahan mie yang memiliki ciri khas dari provinsi Serambi Mekah. Ini nih salah satu kuliner mie khas nusantara yang paling melegenda. Saking populernya, mie ini bisa ditemui di kota-kota lain. Jadi kalau Anda mau makan Mie Aceh, tidak perlu jauh-jauh datang ke Aceh. Secara umum Mie Aceh dikuasai oleh rasa pedas yang dipadukan dengan rasa gurih serta semburat rasa asam yang segar.

Bentuk Mie Aceh pun terbilang cukup besar bila dibandingkan dengan mie yang lain. Sedangkan teksturnya dibuat sedikit lembek setelah dimasak, namun ketika dilahap mie ini menjadi sangat lembut di lidah. Cara menyajikan Mie Aceh ada tiga jenis, yaitu kuah goreng ataupun basah, mie yang akan dihidangkan bersama lauk udang, jamur, daging, cumi-cumi, atau kepiting, terserah pilihan mana yang Anda inginkan.

2. Mie Ongklok, Mie Khas Dengan Kuah Jenangnya

Namanya mungkin masih terdengar asing ditelinga sebagian orang, namun buat yng pernah berwisata ke Dieng, masakan khas Wonosobo ini pasti pernah didengar. Nah, Mie Ongklok memang jarang kita jumpai di kota lain selain di Wonosobo, karena makanan khas ini belum sepopular mie yang lain artinya masih otw popular lah ya. Mie Ongklok terbuat dari mie kuning ditambah kol yang sudah direbus, lalu dituangkan dengan kuah jenang dari tepung kanji. Menariknya, cacahan daun kucai yang membuat Mie Ongklok begitu nikmat dilidah ditambah dengan taburan bawang goreng serta potongan cabe rawit yang menjadikan cita rasa manis serta gurih dari ebi mencuat sejak suapan pertama, ditambah dengan sentuhan pedas dari cabe rawit yang disantap bersama sate berbumbu kacang manis sebagai teman mienya.

3. Mie Kocok, Kuah Kaldu Sapi Kental Yang Bikin Ngiler

Selain terkenal dengan Nasi Timbelnya, Bandung juga terkenal dengan Mie Kocoknya. Sebenarnya, Anda bisa menemui pedagang mie kocok di kota-kota besar, karena para penjual mie kocok sudah tersebar. tapi jangan kecewa jika cita rasa mienya tidak seenak aslinya.

Mie Kocok menggunakan mie berwarna kuning dan bentuknya pipih hampir mirip seperti pasta fettucine. Kuah dari mie kocok ini sangat gurih dan sedikit kental karena berasal dari kaldu sapi. Isi dari mie kocok sendiri terdiri dari tauge yang telah dicelupkan di air mendidih dan potongan kikil atau kulit sapi yang menjadi ciri khas mie tersebut. Sebelum dimakan, Mie Kocok diberi perasan air jeruk nipis terlebih dahulu agar kuahnya terasa lebih segar.

4. Mie Cakalang, Membuatmu Jatuh Cinta

Kalau mie yang satu ini memang benar-benar menggugah selera, Mie Cakalang asal Manado. Manado memang sangat terkenal dengan kuliner ikan cakalangnya, dan salah satunya adalah Mie Cakalang. Bila dilihat sekilas, Mie Cakalang memang tak berbeda dengan mie-mie pada umumnya, namun setelah suapan pertama, Anda baru akan menyadari cita rasanya khas ikan cakalang. Mie cakalang ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu Mie Cakalang Goreng dan kuah. Mie cakalang dimasak bersama dengan potongan sayur dan potongan ikan cakalang fufu atau cakalang asap. Aroma dari ikan cakalang inilah yang membuat rasa Mie Cakalang begitu menggoda.

5. Mie Koba, Kuah Tengiri Yang Bikin Lidah Bergoyang

Mie ini diberi nama Koba karena berasal dari daerah Koba di Kabupaten Bangka tengah, Provinsi Bangka -Belitung. Mie Koba ini salah satu kuliner mie yang benar-benar tidak boleh Anda lewatkan, karena kuah dari mie ini berbeda dari yang lainnya. Kuah Mie Koba ini terbuat dari perpaduan ikan tenggiri yang segar dan gurih dicampur gula aren, sehingga cita rasanya begitu unik dan khas dan tiada duanya. Dalam penyajiannya, Mie Koba ditemani dengan telur rebus dan jeruk kunci untuk menambahkan rasa segar pada kuah.

Mie adalah makanan termurah dan terlezat bagi setiap umat dunia tanpa terkecuali. Oleh karena itu, jangan lewatkan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar mie dari setiap daerah yang Anda kunjungi. Dijamin mie setiap daerah dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri dan rasa yang unik dan khas dilidah.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com