Rabu, 22 November 2017

Membuka Usaha Tepat Dengan Prospek Menjanjikan di Pedesaan

Sering kali orang beranggapan bahwa hidup di kota lebih ideal untuk mencari uang dibandingkan di desa, salah satu orang tersebut termasuk saya, setidaknya beberapa saat yang lalu sebelum kami semua menyadari betapa banyaknya ide dan peluang usaha yang ada di desa. Tinggal di desa atau perkampungan bukan berarti memiliki kesempatan yang sangat terbatas untuk menjalankan bisnis ataupun usaha, tinggal didesa juga bukan berarti tidak bisa membuat seseorang berkembang dan sukses. Tetapi, dimanapun kita tinggal asalkan kita mau merubah diri untuk menjalankan usaha yang baik dengan penuh perjuangan dan kerja keras serta didukung dengan doa, dan juga harus cerdas dalam menyikapi situasi dan kondisi, maka akan berkembang dan sukses.

Seperti layaknya masyarakat perkotaan, warga desa juga masih bergantung dengan pihak-pihak lain guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya agar hasil bisnisnya bisa tersalurkan dengan baik. Tinggal disebuah desa tidak kalah dengan di kota yang memberikan banyak manfaat dan peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak sekali peluang usaha yang dapat kamu lakukan di desa. Terpenting, kamu harus mau bekerja keras untuk memulai bisnismu agar cita-cita dan kesuksesan yang kamu harapkan bisa tercapai.

Jika kamu bingung dengan usaha yang akan dijalankan di desa, berikut kami berikan beberapa contoh sebagai inspirasi peluang bisnis dan usaha yang bisa kamu pilih untuk menjalankan bisnismu disana dengan menyesuaikan kondisi desa atau perkampungan tersebut.

1. Peluang Usaha Dalam Bidang Pertanian dan Peternakan

Pilihan pertama untuk menjalankan bisnis di desa adalah bidang pertanian dan peternakan, karena bisnis tersebut paling ideal mengingat masih tersedianya lahan yang luas serta faktor lingkungan yang cukup mendukung untuk menjalankan usaha pada bidang pertanian dan peternakan diantaranya adalah:

a. Budidaya Ikan Lele, Ikan Mas, dan Ikan Nila

Budidaya ikan lele, ikan mas, dan juga ikan nila sangat cocok untuk bisnis di desa. Bagi kamu yang memiliki kolam untuk budidaya ikan, maka kami sarankan untuk membudidayakan tiga ikan ini sebagai bisnis. Modal yang dikeluarkan untuk membudidayakan ikan-ikan ini tidak begitu besar, tergantung dari banyaknya ikan yang akan dibudidayakan. Ketika panen pun, kamu bisa menjual ikan tersebut ke pasar atau bisa menjual dengan berkeliling didesa, selain itu kamu juga bisa menjualnya kepada orang yang berjualan ikan-ikan tersebut atau menjualnya kerumah makan terdekat.

b. Budidaya Belut Dengan Kolam Terpal

Minat warga desa untuk mengkonsumsi belut masih terbilang cukup tinggi, oleh sebab itu peluang bisnis ini sangat potensial jika dikerjakan oleh masyarakat atau pengusaha yang memiliki lahan cukup sebagai kolam peternakannya. Meskipun dengan ketersediaan lahan yang terbatas, budidaya belut masih dapat dilakukan dengan media lainnya yang bisa cukup sederhana.

c. Bertanam Sayuran dan Buah-Buahan

Sektor pertanian tetap menjadi pilihan utama yang paling ideal untuk dijalankan di daerah pedesaan, karena peluangnya masih tergolong sangat tinggi. Untuk memperoleh keuntungan yang lebih cepat, menanam sayuran menjadi jauh lebih menjanjikan keuntungannya dari pada berkebun buah buahan. Sedangkan jika ingin memperoleh kualitas sayuran yang lebih baik dengan harga tinggi, maka metode bertanam dengan cara yang lebih higenis seperti model hidroponik adalah salah satu peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan.

2. Peluang Usaha Bidang Perniagaan

Banyak sekali lahan bisnis pada sektor ini yang dapat dijalankan oleh masyarakat desa atau pengusaha baru agar mendapatkan peluang dan hasil bisnis yang menjanjikan. Toko Pertanian dan peternakan misalnya, membuka toko pertanian bukanlah pilihan yang salah, bisnis ini merupakan pelengkap yang tidak bisa dihindari bagi para petani untuk mendukung keberhasilan mereka dalam mengelola sawah, kebun ataupun ladang untuk memenuhi kebutuhan dalam pemeliharanya seperti bibit, pupuk, obat hama, serta alat pertanian lainnya.

Satu lagi peluang bisnis yang tidak dapat dihindari lagi oleh masyarakat desa, yaitu Pengepul Panen Ternak dan Hasil Pertanian. Pada umumnya yang disebut dengan pengepul adalah seseorang yang memiliki hubungan dengan pedagang besar di pusat pasar. Kerja mereka hanya bertugas mencari barang dagangan dari petani atau peternak secara langsung, kemudian menyetornya kepada pedagang yang lebih besar atau pemilik gudang dengan mengambil selisih harga sebagai nilai keuntungannya. Menjadi seorang pengepul harus cerdas dan tau cara melobi pihak pedagang besar agar dapat menyetor barang dagangan sebanyak-banyaknyanya tanpa dibatasi jumlah dan kapasitas.

Selain berbagai macam usaha yang telah kami sebutkan diatas, tentu masih banyak lagi usaha-usaha lainnya yang memiliki peluang besar untuk dijalankan di pedesaan, seperti menjual gorengan, makanan khas daerah, budidaya jangkrik, dan masih banyak juga yang lainnya.

Itulah beberapa usaha menjanjikan yang sangat cocok dilakukan di desa dengan modal kecil yang mendatangkan keuntungan yang besar. Setelah tau ide untuk berbisnis di desa,, silahkan jalankan usahamu sekarang, karena tidak ada usaha yang kecil dan tidak ada keyakinan yang lebih dibandingkan usaha.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com