Rabu, 29 November 2017

Kue Legenda Indonesia Yang Mulai Dilupakan Masyarakat

Kalau ngomongin soal kuliner Indonesia, rasanya tak akan pernah lengkap jika tidak mengikutsertakan jajanan pasar. Jajanan pasar pada dasarnya merupakan kue tradisional yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Disebut jajanan pasar karena kue-kue tersebut awalnya lebih banyak dijual di pasar tradisional. Tetapi untuk saat ini kue tradisional Indonesia berada pada zona antara ada dan tiada. Dikatakan tiada, tetapi kenyataannya masih bisa ditemukan meski sekarang sudah semakin sulit dan jarang. Sebaliknya, dikatakan ada tetapi cukup sulit untuk mendapatkannya.

Daerah-daerah tertentu terutama di pedesaan masih dapat dengan mudah ditemukan beberapa jenis kue tradisional khas Indonesia. Sebaliknya, kebanyakan dari kota-kota besar sudah dibanjiri dengan cemilan modern dalam negeri maupun dari luar negeri. Oleh sebab itu, dikalangan kids zaman now cenderung menganggap produk jajanan dari luar negeri lebih trendi dan menjadi simbol kekinian, dan bagi mereka jajanan tradisional mungkin sudah dianggap sebagai jajanan jadul dan kurang menarik.
Ada beberapa kue tradisional yang dijual dipasaran ataupun dijual keliling yang masih sering dikonsumsi karena kelezatannya walaupun jarang sekali ditemukan.

1. Kue Lapis

Salah satu kue tradisional Indonesia berhasil merajai kue internasional bersanding dengan aneka kue mewah dari Negara lain, yaitu kue lapis. Kalau diliat dari penampilannya, kue lapis memang tidak sesederhana seperti kerumitan pada proses pembuatannya. Jadi tidak berlebihan kan jika kue lapis ini dinobatkan sebagai salah satu kue terlezat di dunia, dan patut dilestarikan pada anak cucu negeri ini. Di beberapa tempat, memang memiliki cara yang berbeda untuk membuat kue yang lezat ini, tetapi pada dasarnya kue lapis tetap memiliki aroma khas seperti menggunakan cengkeh, kayu manis, dan cardamon. Karena kelezatannya yang tak tertahankan, kue lapis menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak diminati turis yang datang ke Indonesia.

2. Onde-Onde

Setiap mendengar kata onde-onde, setiap orang pasti teringat dengan cemilan tradisional yang terbuat dari tepung ketan atau terigu yang didalamanya berisi tumbukan kacang ijo manis atau kacang tanah dan bagian luarnya ditaburi biji wijen serta memiliki bentuk bulat seperti bola. Setiap kue yang berbentuk bulat dan ditaburi wijen pasti dituduh onde-onde, padahal tidak semuanya onde-onde. Onde-onde biasanya tersedia mulai dari pasar tradisional maupun di supermarket, bahkan terkadang di toko kue pun biasanya menyediakan kue ini. 

Onde-onde memiliki rasa yang gurih dan manis serta mudah mengenyangkan. Karena onde-onde mengandung karbohidrat yang tinggi dari tepung ketan yang digunakan sebagai bahan untuk membuatnya. Tidak hanya itu, isi dari onde-onde yang manis dan wijen yang membuat gurih juga banyak mengandung protein. Karena itulah onde-onde menjadi kue yang banyak disukai rakyat pribumi dan juga turis yang datang, sehingga menjadikannya terkenal di seluruh dunia.

3. Kelepon

Kelepon merupakan bagian dari aneka jajanan pasar atau makanan tradisional yang paling banyak disukai karena sifatnya yang khas jika dimakan, yaitu akan muncrat gulanya dengan rasa yang manis, gurih dan lezat. Makanan ini memiliki bentuk bulat sebesar kuning telur dengan warna hijau dan gula merah didalamnya. Kelepon terbuat dari tepung beras ketan atau bisa dengan ubi-ubian yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Kelepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga kelepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya kelepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

4. Kue Cucur

Meskipun rasanya hanya manis dan berminyak tetapi kue cucur ini tetap banyak peminatnya. Serat-serat yang terbentuk pada kue serta bagian pinggir kering renyah dan sedikit gosong memberikan kesan menarik pada kue bertabur dengan sensasi legit dan aroma gula merah selalu membuat ketagihan. Dulu kue ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional, namun seiring dengan perkembangan zaman karena banyak munculnya jajan-jajan produksi pabrik dengan kemasan menarik, kue ini menjadi sulit untuk ditemukan terutama di wilayah perkotaan. Padahal seelain memiliki rasa yang enak, ternyata kue cucur ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menambah nafsu makan, meningkatkan kecerdasan dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com