Kamis, 09 November 2017

Cara Mudah Buat AC Hemat Energi

Menikmati Hidup Dengan AC di Sejasa.com
Dengan berkembangnya teknologi pada saat ini, kebutuhan AC di seluruh kalangan masyarakat semakin tinggi. Pada saat ini, hampir di setiap rumah, pasti ada AC sebagai kebutuhan utamanya. Tentu saja kenyamanan bisa didapatkan dengan menggunakan AC, terutama pada saat siang hari dan pada saat suhu sedang tinggi. Ditambah lagi dengan keadaan udara di kota-kota besar yang semakin lama semakin buruk sehingga kualitas udara yang didapatkan akan semakin buruk dan juga suhunya semakin panas. Tak bisa dipungkiri juga, seiring dengan pemakaian AC yang semakin tinggi, tentu akan berimbas pada jumlah tagihan listrik yang akan semakin banyak juga. Karena itu, simak beberapa kiat di bawah ini agar Anda tetap bisa menggunakan AC, namun juga bisa sekaligus mengontrol jumlah tagihan listrik yang Anda bayarkan setiap bulannya.

1. Pastikan Ukurannya Tepat

Jika di rumah Anda menggunakan AC central, maka Anda harus memastikan bahwa ukuran yang Anda gunakan sudah tepat sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Jika ruangan Anda terlalu kecil, maka nantinya ruangan Anda akan jadi jauh lebih dingin jika tidak disesuaikan lagi dengan AC yang digunakan. Begitu pula sebaliknya, jika Anda tidak menyesuaikan dengan ukuran ruangan Anda yang besar, maka nantinya udara sejuk yang dihasilkan oleh AC tidak terlalu terasa sejuknya dan malah nantinya akan jadi boros listrik. Karena itu penting untuk mengukur ruangan yang akan dipasang AC dengan AC itu sendiri.

2. Tempat yang Teduh

Anda juga harus memasang AC di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya dan panas matahari secara langsung. Karena keadaan ini, mesin AC akan bekerja dengan maksimal agar bisa tetap mengeluarkan udara yang sejuk meski keadaan udara di luar ruangan suhunya sangat tinggi. Hal ini juga nantinya membuat penggunaan energi dari AC ruangan akan semakin banyak dan tentunya semakin boros listrik. Sehingga nantinya tagihan listrik Anda akan membengkak. Karena itu, hindari memasang AC di tempat yang terik dan terkena cahaya matahari secara langsung. Sebaiknya dipasang balkon atau atap terlebih dahulu untuk menghalang panas matahari.

3. Service Teratur

Tak perlu menunggu sampai AC Anda rusak terlebih dahulu baru Anda lakukan service AC. Layanan Service AC Depok harus digunakan secara teratur agar bagian mesin dan filter AC bisa dibersihkan secara teratur dari setiap debu dan kotoran yang menempel. Jika kotoran dan lapisan debu tersebut tidak dibersihkan, maka AC akan bekerja dengan sangat keras untuk bisa mengeluarkan suhu udara yang rendah dan sejuk dan tentunya membutuhkan energi yang besar dan memerlukan listrik yang besar pula. Karena itu, lakukan service AC secara rutin, misalnya setiap tiga sampai empat bulan sekali untuk menjaga kinerja mesin AC.

4. Jangan Sia-Siakan

Tutup ruangan Anda ketika sedang menyalakan AC. Pastikan pintu dan jendela tertutup dengan rapat agar ruangan tetap menjadi sejuk tanpa terbuang secara sia-sia. Selain itu, jangan gunakan alat pendingin ruangan jika ruangan tersebut sedang tidak Anda gunakan. Sama halnya juga perlu Anda lakukan ketika Anda menyalakan AC ketika hendak tidur. Tidak perlu Anda nyalakan terus-menerus meski Anda sedang tidur. Gunakan fitur timer yang akan membuat mesin AC akan mati dengan sendirinya setelah beberapa waktu yang sudah ditentukan. Biasakan untuk tidak membiarkan setiap energi yang keluar terbuang secara sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com