Kamis, 19 Oktober 2017

Makanan Terbaik Dunia, Yaa Ada di Banyuwangi

Salah satu daya tarik terhadap suatu daerah, terletak pada ciri khas dan kekayaan kuliner yang dimilikinya. Sebenarnya, kuliner dan tempat wisata merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena dua hal ini akan membuat suatu daerah menjadi lebih terkenal. Salah satu kota terkenal yang berada diujung Provinsi Jawa Timur memiliki dua magnet tersebut. Banyuwangi tidak hanya memiliki tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan, tetapi juga memiliki sejumlah kuliner yang khas dan unik.

Makanan khas banyuwangi tidak kalah enak dan lezat jika dibandingkan dengan makanan khas di daerah lainnya, walaupun ada beberapa makanan khas yang bukan asli Banyuwangi, tetapi diantaranya merupakan akar buadaya yang melekat di masyarakat Banyuwangi sehingga diakui sebagai makanan khas Banyuwangi.

Jika ditelusuri dari beberapa makanan khas Banyuwangi, ada beberapa makanan yang seharusnya dua menu berbeda menjadi satu menu hidangan dengan kombinasi yang pas dan menjadi  perpaduan dua makanan yang menghasilkan cita rasa khas dan unik. Seperti…

1. Rujak Soto



Mungkin selama ini kita mengetahui bahwa rujak dan soto adalah dua makanan yang berbeda, rujak adalah makanan yang tidak berkuah dan soto adalah makanan yang berkuah. Tapi, apa jadinya jika rujak cingur dan soto babat digabungkan menjadi sebuah makanan ?. Tentu menjadi makanan yang sangat lezat dan lebih menarik jika Anda mencobanya sendiri, Anda bisa datang kewarung sederhana yang terletak dipinggir jalan milik Mbok Mes, karena rujak soto ini merupakan salah satu kuliner unik khas Banyuwangi yang terpopuler.  

2. Pecel Rawon



Satu lagi makanan khas Banyuwangi yang dikombinasikan dari dua menu yang berbeda, yaitu pecel dan rawon. Sesuai dengan namanya, makanan ini berupa satu porsi nasi pecel lengkap dengan sayurannya ditambah dengan kuah rawon dengan daging empalnya. Faktanya, kombinasi dari bumbu kacang dan kuah hitam tersebut bagi warga Banyuwangi memiliki rasa yang unik dan serasi di lidah. Anda bisa mendapatkan makanan selezat ini di daerah kota Banyuwangi yang terletak di depan Pasar Blambangan milik Mbak Ida.

Kedua kuliner diatas bukan asli berasal dari Banyuwangi, kombinasi dan cara makan yang berbeda saja yang menjadikan kedua makanan tersebut menjadi budaya bagi warga Banyuwangi, sehingga disebut kuliner khas Banyuwangi. Adapun kuliner yang benar-benar berasal dari Banyuwangi lebih kaya rasa dan sangat lezat untuk dinikmati. Jika Anda ke Banyuwangi melewatkan kuliner ini, maka hidup Anda belumlah beruntung, karena kuliner ini akan membuat Anda rela untuk kembali ke Banyuwangi hanya untuk mencicipi kuliner ini.

1. Nasi Tempong



Nasi tempong juga disebut dengan nasi tampar, maksudnya jika Anda memakan nasi ini Anda akan merasa seperti habis ditampar. Jadi bersiap-siaplah jika Anda memakan makanan khas Banyuwangi yang sangat popular ini. Kenapa begitu, karena nasi tempong ciri khas utamanya adalah sambal yang masih segar. Selain sambal yang super pedas, makanan ini juga disajikan bersama sayuran seperti daun ketela, kacang panjang, terong, dan mentimun. Untuk mencari makanan khas yang super duper pedas ini sangatlah mudah, karena menu makanan ini ada disetiap warung atau restoran di seluruh penjuru kota Banyuwangi.

2. Pecel Pitik



Makanan khas yang satu ini bukanlah makanan khas sembarangan, sebab ini adalah makanan khas turun temurun dari lintas generasi ke generasi berikutnya sampai dengan sekarang yang dikenal sebagai makanan adat using. Pecel pitik sebagai kuliner khas Banyuwangi ini cepat sekali habis, karena sering diburu oleh para wisatawan. Untuk pemesanan saja Anda harus rela datang dan menunggu selama 2 jam untuk mengantri. Anda bisa menemukan makanan lezat ini di daerah Kemiren, daerah yang menjadi tempat tinggal Suku Oseng Banyuwangi.

3. Sego Cawuk  



Sego Cawuk termasuk makanan yang tidak boleh Anda lewatkan jika datang ke Banyuwangi, kami sarankan makanan ini wajib mampir lidah, supaya Anda tau bagaimana kelezatannya. Rahasia dibalik kelezatan kuliner khas Banyuwangi ini terletak pada kuahnya yang terbuat dari beberapa bumbu pilihan. Selain itu, makanan ini juga biasa dihidangkan bersama lauk lainnya, seperti dendeng, telur, pepes ikan dan lain sebagainya.

Sangat disayangkan sekali bila Anda datang ke Banyuwangi hanya untuk melewatinya saja, tanpa mencicipi kuliner khas Banyuwangi. Kuliner unik dan khas yang akan membuat lidah Anda berselera untuk makan, tidak hanya itu, Anda akan selalu teringat kelezatannya. Dijamin Anda nggak bakal bosan…

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com